Minggu, 08 Juli 2018

Cara Ekstrak File ZIP di Android

Tags

Pengertian File ZIP

File ZIP merupakan standar pemampatan data yang paling populer, diciptakan oleh Phil Katz. Kelebihan dari file tersebut adalah dapat menghemat ruang penyimpanan serta mengorganisir berkas berserakan dengan mudah. File ZIP tersebut biasanya dapat ditemukan saat mendownload file game, software,  buku elektonik, tema, font, dan sebagainya.  Untuk membuka File ZIP di smartphone Android kita membutuhkan Aplikasi tambahan yaitu ZArchiver. ZArchiver adalah salah satu program untuk manajemen arsip populer di Android. Memiliki tampilan antarmuka yang sederhana serta fungsional. Selain itu, ukuran APK yang tidak terlalu besar tak membuat RAM menjadi lemot.

 Cara Ekstrak File ZIP di Android 


  1. Buka aplikasi ZArchiver. Jika belum punya unduh terlebih dahulu ZArchiver
  2. Selanjutnya cari letak dimana File ZIP yang akan di buka/ekstrak berada.
  3. Cara Ekstrak File ZIP di Android
  4. Caranya klik File ZIP sampai muncul jendela pengaturannya, lalu pilih Ekstrak.
  5. Apabila sobat ingin membuka di Folder yang sama, langsung saja klik icon Ekstrak berwarna biru/hijau (belum diedit) terletak di pojok kanan bawah. Lengkapnya dapat lihat diatas.
  6. Jika sobat tidak ingin membuka di Folder yang sama dapat memilih tombol back (Admin panah biru). Setelah menemukan Folder keinginannya langsung klik icon Ekstrak di pojok kanan bawah.
  7. Terakhir, tunggu sampai proses pengekstakannya selesai dan pastikan juga File tidak corrupt ya! Lama dan cepat proses ini tergantung dari ukuran File ZIP yang sobat buka/ekstrak tadi.


Disamping File ZIP biasa, ada juga jenis File ZIP yang berpart atau di bagi-bagi. Jenis tersebut biasanya digunakan untuk ukuran file yang besar. Nama dari jenis part juga unik terdapat angka setelah format .zip, contohnya blade.zip.001, blade.zip.002, dan seterusnya.
 Cara Ekstrak File ZIP di Android
 Cara Ekstrak File ZIP di Android

Cara Ekstrak File ZIP Berpart Android

Sama seperti yang tidak ber-part, buka ZArchiver dan cari letak File ZIP berada.
Cara Ekstrak File ZIP Berpart Android
Akan muncul jendela pengaturan, sobat pilih Ekstrak saja. Kemudian klik icon Ekstrak warna biru/hijau (belum diedit) di pojok kanan bawah. Jika ingin di Folder lain caranya sama seperti yang tidak ber-part.
Tunggu sampai proses pengekstrakan berakhir! Arsip telah sukses didekompresi, very Gud!
Perlu diketahui Tutorial ini tidak hanya untuk File ZIP saja, namun dapat juga untuk File RAR, 7z, dan TAR

Nah, Itulah Cara Membuka/Ekstrak File ZIP di Android dengan bantuan aplikasi ZArchiver. Sebetulnya masih ada aplikasi pembuka File ZIP lain yang dapat bosque coba seperti RAR, WinZip, AndroZip, 7Zipper, dll. Untuk itu, silahkan sobat bereksperimen sendiri. Semoga bermanfaat, Terima kasih..


EmoticonEmoticon